BERITA SATUAN BINMASBHABINKAMTIBMASINFORMASI TERBARUPOLSEK

Bhabinkamtibmas Mediasi Masalah Warga Binaannya

Polres Halmahera Selatan

BERBAGI INFORMASI

Humas Polres Halsel – Dalam upaya menyelesaikan masalah yang terjadi dimasyarakat tidaklah semuanya harus melalui proses hukum yang harus berakhir dipengadilan, berdasarkan pertimbangan baik itu secara etika, budaya, aspek hukum, analisa serta rasa keadilan itu sendiri berdasarkan kaca mata sosial yang ada dimasyarakat dapat diselesaikan dengan cara mufakat, Rabu (12/09/2018).

Salah satu fungsi yang ada dikepolisian yang dikedepankan yang dapat berperan membantu penyelesaian masalah yang ada dimasyarakat adalah fungsi Binmas, dengan mengedepankan peran Bhabinkamtibmas Sebagai ujung tombak Kepolisian yang bertugas membantu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat didesa binaannya.

Problem solving yang merupakan satu istilah yang selalu dipergunakan oleh bhabinkamtibmas dalam setiap menyelesaikan masalah yang ada dimasyarakat, yang mana penyelesaian masalah tersebut merupakan permasalahan ringan (tipiring) seperti halnya Keributan rumah tangga, selisi paham dan lain-lain.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Songa Polsek Bacan Timur Polsek Brigpol Rinto Padang, yang telah menyelesaikan permasalahan warga binaannya antara Bapak Petrus dan Bapak Alexander yang mana telah terjadi selisih paham antara keduanya.

Dalam menyelesaikan permasalahan keduanya, bhabinkamtibmas ini mengajak perangkat desa untuk melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak, dan mencapai mufakat keduanya untuk berdamai.

“Dari kegiatan mediasi yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas bersama perangkat desa, di capai hasil keduanya untuk berdamai dan saling memaafkan.”

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close